Bogor - Kehadiran New Ertiga Diesel yang diperkenalkan hari Selasa (7/2) oleh Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjadi kejutan tersendiri  bagi penanti low-MPV yang berbahan bakar irit namun juga memiliki performa sebanding dengan mesin bensin.

Selain diklaim memiliki konsumsi bahan bakar 22,6 km/liter, torsi yang disuguhkan Ertiga diesel menyamai MPV (Multi Purpose Vehicle)  atau SUV (Sport Utility Vehicle) sekelas bensin yang bermesin 2.0L. Padahal mesin diesel Ertiga hanya berkapasitas 1.300 cc.

Di atas kertas, Ertiga diesel diklaim mencapi 200 Nm pada 1.750 rpm. Bila melihat data torsi Toyota Kijang Innova 2.0L hanya 198 Nm dan untuk Nissan X-Trail sama-sama 200 Nm.

Adapun Kijang Innova juga punya mesin diesel, namun kapasitasnya 2.4L dan torsinya mencapai 342 Nm.

“Kenapa torsinya kita perbesar? Karena satu, ini adalah diesel, satu yang kita tahu adalah diesel itu lama panasnya, nah diesel Ertiga bisa kita klaim anti lelet,” jelas Harold Donnel, Head of Product Development and Accessories SIS.

“Kenapa? Karena kita punya ISG, jadi ISG ini adalah sebagai assist utama ketika rpm (mesin) itu baru mulai dijalankan. Kalau seandainya dengan diesel yang lain, dia turbocharge-nya itu baru keluar pada berapa rpm, let’s say lebih dari 10-20 km/jam.”

“Artinya di selang waktu yang belum panas itu, dia kan boyo, nah kalau ISG ini meminimalisir yang boyo tadi, jadinya dia langsung assist sampai 50 Nm sehingga tarikan awalnya sudah langsung enak.”

Teknologi Integrated Starter Generator (ISG) yang memiliki dua fungsi yakni sebagai generator untuk menangkap dan menyimpan energi ke baterai saat proses deselerasi kendaraan. Kemudian fungsi lainnya adalah menjadi motor yang memberikan tambahan daya ke mesin saat akselerasi.

Adanya  fitur Idle Stop Start, Torque Assist Function, Brake Energy Regeneration dan Gear Shift Indicator yang membantu meringankan kerja mesin diesel dengan bantuan daya listrik, serta memandu pengemudi untuk perpindahan gigi transmisi di saat yang tepat.

SIS memasarkan Ertiga Diesel Hybrid dengan banderol Rp 219,5 juta on the road Jabodetabek, dengan tiga pilihan warna. (*/dp)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: