Jakarta - Karena ukuran pocket bike sangat kecil, tenaga yang dihasilkan tentunya beda dengan motor umum. Untuk itu perlu tahu triknya, cukup yang simpel, supaya tarikan motor dengan tinggi kurang dari 1 meter ini tetap joss!
Endang Tirtana, mekanik dari Dangky Tirta Faulis (DTF) berbagi tips jitu supaya tarikan motor kuntet ini bisa lebih enteng tanpa banyak perubahan. Kuncinya ada di setingan gir depan dan pemilihan bentuk knalpot.
“Jadi buat yang baru beli MiniGP gir depannya 6 mata ganti 7 mata aja. Kombinasinya depan 7 mata belakang 68 mata,” kata pria kalem selaku mekanik di Komunitas Motor Mini Indonesia (KOMMI).
Saat ini kata Endang, di beberapa merek motor mini standarnya sudah ada yang 7 mata. Namun ada juga yang masih 6 mata, seperti merek Lenka dan RK. Padahal kedua merek ini yang lagi naik daun buat balap.
“Kalau 6 mata nafasnya jadi pendek jadi disarankan langsung ganti jadi 7 mata. Soalnya 6 mata resiko patahnya tinggi, karena gir nya kecil. Resiko rantai kena batangnya gede, jadinya ngikis dan patah,” katanya.
Setelah seting perbandingan gir depan belakang, arahkan perhatian ke knalpot. Untuk urusan pipa buang ini, Endang mengatakan prinsipnya kurang lebih sama seperti motor umum.
“Makin gede makin nyentak, cuma nafas cepet habis. Kalau kekecilan nafas panjang tapi tarikan kurang,” katanya. “Karbu bisa di reamer naikin 1 mm. Tapi tanpa gedein piston skep tetap bisa, kita bikin kaya terompet aja,” pungkasnya. (*/dp)
Post A Comment: