Jakarta - Di tengah pemulihan pasar otomotif nasional yang diakibatkan pandemi Covid-19, dikatakan penjualan lini produk otomotif belum menunjukkan pergerakan kenaikan yang signifikan.
Per Agustus lalu, pendistribusian unit mobil ke dealer (whole sales) secara nasional mencapai 320 ribu unit, sementara retail sales di kisaran angka 360 ribu unit.
Sedangkan secara YTD (Year To Date), atau sejak Januari – Agustus, capaian whole sales Daihatsu secara total mencapai 57.978 unit dengan peningkatan market share menjadi 17,9% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 17,4%.
Terkait retail sales, penjualan Daihatsu mencapai 65.767 unit dengan peningkatan market share menjadi 18,1% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar 16,9%.
Untuk posisi di pasar nasional, Daihatsu masih berada di urutan kedua dengan penurunan penjualan hingga 42,6% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yakni 114.500 unit untuk retail sales.
Pada whole sales tercatat penurunan 49,8% dibanding pada Januari – Agustus 2019 sebesar 115.500 unit. Meski begitu, penurunan ini masih lebih baik dibanding nasional yaitu 51,1% untuk whole sales dan 46,2% pada retail sales.
Secara bulanan, whole sales Daihatsu meningkat dari yang sebelumnya sebesar 1.553 unit pada Juli, menjadi 6.651 unit pada Agustus, dengan kenaikan lebih dari 4 kali lipat.
Di bulan yang sama, retail sales tercatat sebanyak 6.300 unit, atau naik 7% dibandingkan bulan Juli lalu sebesar 5.890 unit.
Secara akumulatif, retail sales Daihatsu masih tetap didominasi Sigra dengan capaian sebesar 18.140 unit, berkontribusi sebesar 27,6% hingga Agustus lalu.
Diikuti oleh Gran Max Pick-Up 14.054 unit (21,4%), dan Terios 9.844 unit (15,0%). (*/dp/yogi)
Post A Comment: