Serang - Malfunction Indicator Lamp (MIL) pada sepeda motor hadir sebagai fitur untuk memberikan informasi kepada pengendara terkait kinerja sistem PGM-FI.

Indikator yang berada di panel instrumen ini akan menginformasikan kepada pengendara jika ada kerusakan pada sistem injeksi melalui kedipan nyala lampu MIL yang terletak di speedometer/meter kombinasi.

Sistem tersebut bekerja berdasarkan informasi dari ECM. Saat lampu MIL menyala selama 2 detik, ECM akan mendeteksi sistem injeksi, apakah ada kerusakan atau tidak.

Dalam kondisi normal, saat kunci kontak diputar ke pisisi ON maka lampu indikator MIL akan menyala sekitar 2 detik dan akan mati kembali.

Tapi jika ECM menemukan kerusakan atau sesuatu yang tidak normal pada sistem injeksi, maka lampu indikator MIL akan terus menyala (pada sistem PGMFI terbaru contoh : PCX 150,ADV 150 dan lain-lain) dan akan berkedip (pada sistem PGMFI lama) selama motor belum diperbaiki.

Cara Membaca Lampu MIL

Kode Kedipan MIL akan terus tersimpan didalam memori ECM dan akan menyala setiap kali sepeda motor dihidupkan dan belum dilakukan perbaikan.

Cara mengetahui kerusakan yang terjadi yaitu dengan menghitung kedipan lampu MIL.Lampu  MIL mempunyai 2 macam kedipan yaitu:

Kedipan panjang (berlangsung selama 1,3 detik) – Satu kedipan panjang adalah ekuivalen dengan sepuluh kedipan pendek.

Kedipan pendek (berlangsung selama 0.3 detik) – Satu kedipan pendek adalah ekuivalen dengan satu kedipan.

Contoh misal; Jika satu kedipan panjang diikuti dengan dua kedipan pendek, maka dibaca 12 kali kedipan (satu kedipan panjang = 10 kedipan, ditambah dua kedipan pendek).

Mengenal Kode Kedipan Lampu MIL

Beberapa kode MIL yang bisa dijadikan informasi kerusakan atau masalah pada rangkaian sistem injeksi.

No

Jumlah Kedipan

Keterangan

1

1 kali

Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)

2

7 kali

Sensor EOT (Engine Oil Temperature)/ECT (Engine Coolant Temperature)

3

8 kali

Sensor TP (Throttle Position)

4

9 kali

Sensor IAT (Intake Air Temperature)

5

11 kali

Sensor VS (Vehicle Speed)

6

12 kali

Injektor

7

21 kali

Sensor Oksigen (O2)

8

29 kali

Rangkaian IACV (Intake Air Control Valve)

9

33 kali

ECM (Engine Control Module)

10

52 kali

Sensor CKP (Crankshaft Position)

11

54 kali

Sensor BAS (Bank Angle Sensor)

12

67 kali

Front Wheel Speed Sensor (PCX 160)

13

86 kali

Speedometer (PCX 160)

14

91 kali

Coil Ignition primary circuit malfunction (PCX 150, ADV 150,PCX 160)

Jika menemukan salah satu dari kode tersebut di sepeda motor Anda, segeralah lakukan pemeriksaan dan perbaikan di bengkel AHASS terdekat.

Jangan lupa juga yaa.. Lakukanlah pemeriksaan dan perawatan rutin sepeda motor kesayangan pada teknisi andal dan berpengalaman di bengkel AHASS supaya sepeda motor selalu dalam kondisi prima. ("/yogi)

OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: