Serang - Kemarin, Otobanten.id sempat penasaran dan mendatangi diler Mitsubishi Palima Kota Serang untuk mengintip Colt Diesel Canter yang digadang-gadang bakal melampaui kesuksesan Colt Diesel sang pendahulunya.

Sebagai pengganti Mitsubishi Colt Diesel, desain Mitsubishi Fuso Canter tak berubah. Tapi mesinnya lebih bertenaga dengan segala kelengkapan teknologinya.
Sebelumnya bernama Mitsubishi Colt Diesel, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) akhirnya merilis edisi terbaru dari truk light duty kebanggaan mereka dengan nama baru. Dikenal dengan nama Mitsubishi Fuso Canter, kemunculannya merupakan bagian dari komitmen KTB membawa mesin standar emisi Euro IV ke Indonesia.

Canter memang sudah dibekali dengan mesin berkualitas Euro IV, mendapatkan peningkatan dalam bidang performa serta hasil buang yang lebih ramah lingkungan dibandingkan Colt Diesel yang masih menggunakan mesin berteknologi Euro II.
Selain peningkatan kualitas mesin, beberapa teknologi turut disematkan untuk mempermudah pengemudi hingga pemilik armada mengetahui dimana mobil mereka berada. Begitu pula dengan dimensi yang dibuat semakin lebar dan perubahan pada sisi depan mobil guna memberikan tampilan yang lebih segar.

Semua perubahan yang ditawarkan oleh Canter membuat Mitsubishi yakin kehadiran truk ini mampu meningkatkan market share mereka di segmen light duty truck. Penasaran dengan tampilan barunya? Simak ulasan Fuso Canter terbaru dari tim Otobanten.id yang ditemani sales PT. DIPO Palima Serang.

Eksterior Mitsubishi Fuso 2022
Jika dilihat dari luar, sekilas memang tak ada perubahan berarti yang diberikan oleh Fuso terhadap mobil ini. Memang desain bukan menjadi fokus utama bagi Fuso mengoprek truk andalannya. Tapi ada beberapa perubahan minimalis yang bisa terasa.
Kesan minimalis masih dipertahankan untuk tampilan depan Canter. Sama dengan model Colt Diesel, kaca depan dibuat lebar dan lapang untuk meningkatkan visibilitas berkendara. Sebagai pembeda, kali ini Canter mendapatkan emblem nama pada bagian sisi kanan atas, tepat di bawah kaca depan.

Sedangkan keseluruhan desain depan tak banyak berubah. Misalnya grille depan disandingkan dengan panel chrome, serta lampu depan masih menggunakan teknologi halogen, cukup membantu ketika berkendara pada malam hari maupun di saat hujan. Dan pada bagian bawah, bumper sudah dilengkapi dengan reflektor.
Dari sisi samping, juga tak banyak yang berubah pada tampilan kepala truk Canter dibandingkan versi Colt Diesel. Yang terbaru ada guratan tepat di bagian bawah gagang pintu mengalir ke bagian atas lampu depan yang memberikan kesan tegas pada mobil ini. Tak ketinggalan ada pijakan kaki di bagian samping ban untuk mempermudah akses masuk ke dalam kabin.

"Yang membedakan truk Canter dengan Colt Diesel yaitu dimensi yang lebih besar. Perubahan dimensi ini diyakini akan berdampak positif pada konsumen untuk mendapatkan ruang kargo yang lebih besar. Wheelbase terbagi menjadi 3,3 meter, 3,8 meter, hingga 4,2 meter tergantung varian. Radius putar tercatat 6,1 meter, cukup kecil untuk membantu pengemudi berputar di jalanan yang sempit," kata Mirna mengawali perbincangan.

Ada banyak pilihan yang ditawarkan pada Mitsubishi Canter di bagian belakang. Mulai dari tipe FE 71L dan FE 74L untuk mobil box, tipe FE 71L BC sebagai bus travel dan angkutan, tipe FE 71L BCL Non-Cabin, serta beragam pilihan bak dan kargo belakang, seperti wing box, car carrier, hingga flat deck yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan konsumen.
"Yang membuat Canter lebih menyenangkan untuk dibawa adalah karena mobil ini sudah mendapatkan rear view camera. Kamera ini akan tersambung pada spion tengah dan menampilkan area belakang pada saat mobil mundur," ujar Mirna.

Interior Mitsubishi Fuso 2022
Peningkatan dimensi yang diberikan pada Canter berpengaruh pada ruang kabin yang terasa lebih lega. Material plastik memang masih menghiasi bagian kabin. Hanya saja rasa berkendara di terasa lebih nyaman dengan segala pembaruan yang ditawarkan.

Review Mitsubishi Fuso Canter 2022: Dashboard
Tak banyak fitur modern yang ditawarkan pada mobil ini. Tapi untuk sekelas truk light duty, tampilannya sudah terasa modern. Untuk memberikan hiburan ketika perjalanan jauh, Mitsubishi menyematkan fitur hiburan berupa radio, pemutar USB dan MP3 untuk menambah kenyamanan berkendara.
Ada beberapa ruang penyimpanan yang tersebar di dalam kabin, baik untuk pengemudi maupun penumpang. Truk Canter juga dilengkapi dengan Mitsubishi In Dash Gear Shift, dimana tuas transmisi menyatu dengan dashboard. Ini berdampak pada ruang kabin yang lebih lega, terlebih bagi penumpang di tengah.

Review Mitsubishi Fuso Canter 2022: Setir
Setir palang tiga yang masih polos, tanpa lapisan kulit maupun tombol multifungsi siap menyapa ketika duduk di belakang kemudi. Tapi untuk kenyamanan, Canter sudah mendapatkan pengaturan power steering serta fitur tilt & telescopic guna membantu pengemudi mendapatkan posisi berkendara yang sesuai dengan kebutuhannya.
Review Mitsubishi Fuso Canter 2022: Kursi
Kenyamanan kursi memang tak seempuk mobil penumpang, tapi sudah cukup menyenangkan untuk dibawa berkendara jarak jauh. Mobil ini mampu menampung hingga tiga orang di dalam kabin. Tapi berbeda dengan tipe Fighter X, interior Mitsubishi Fuso Canter tidak dibekali dengan ruang kosong di belakang kursi. Mengingat ruang kabin memang tak sebesar Fighter X.
Dan yang membuat truk Canter lebih praktis adalah kehadiran inspection lid yang berada di bagian bawah jok penumpang. Sehingga pengemudi tak perlu lagi mengangkat kepala kabin hanya untuk mengecek kondisi mesin. Untuk kepraktisan, terdapat gagang

Review Mitsubishi Fuso Canter 2022: Kargo
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dimensi yang lebih lebar bertujuan untuk memberikan ruang kargo yang lebih besar. Pihak KTB sendiri mengungkapkan lebar bodi maksimal 2.135 mm, sehingga bisa membantu konsumen mengangkut muatan lebih banyak.

Fitur Mitsubishi Fuso 2022
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur yang ditawarkan pada truk pastinya tak bisa dibandingkan dengan mobil penumpang. Begitu pula dengan Canter dengan fitur yang sudah bisa dibilang modern untuk sebuah light duty truck.
Ada head unit 1DIN yang tersedia di dalam kabin, bisa digunakan untuk memutar musik dan radio ketika berkendara. Sudah cukup baik dalam mengusir kebosanan dan suasana hening ketika dalam perjalanan jarak jauh.

"Yang bikin membedakan truk ini dengan pesaingnya di kelas yang sama terletak pada teknologi telematic system yang diberikan. Teknologi ini bisa mengetahui lokasi dan status perjalanan kendaraan, termasuk pengaturan penggunaan hingga perawatan kendaraan. Fitur yang tersambung pada smartphone ini bisa membuat perencanaan kerja hingga laporan dan analisa pengoperasian kendaraan," bebernya.

Hanya saja tak ada fitur keselamatan canggih. Mengingat hanya model Fighter X yang mendapatkan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Pengguna Canter sepertinya harus berpuas dengan headrest bagi pengemudi dan penumpang di samping serta seatbelt untuk mengurangi dampak benturan.

Operasi Mitsubishi Fuso 2022
Perubahan paling besar tentunya terasa pada penggunaan mesin dan teknologi yang menyertainnya. Namun sebenarnya Fuso sudah membawa mesin berteknologi Common Rail semenjak 2019 silam, sehingga tidak banyak perubahan komponen yang terjadi. Apalagi hanya 20% keseluruhan spare part yang berbeda dibandingkan edisi Euro II.

KTB mengungkapkan ada dua tambahan teknologi lainnya yang mendukung mesin Euro IV milik Canter, yaitu penambahan Diesel Oxidation Catalyst (DOC) yang didukung oleh Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang mengalirkan kembali gas buang dan menyaring lebih banyak karbon. Sehingga emisi yang dibuang menjadi lebih ramah lingkungan.

Ada dua pilihan mesin yang tersedia, yaitu mesin 4V21-2AT1 yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 136 PS pada putaran 2.500 rpm dan tosi puncak 420 Nm pada 1.500 rpm, serta mesin 4V21-2AT2 dengan keluaran tenaga maksimal 150 PS pada 2.500 rpm dan didukung dengan torsi puncak 420 N pada putaran 1.500 – 2.500 rpm.
Dari segi performa, peningkatan tenaga yang ditawarkan memberikan tambahan tenaga yang lebih besar. Membuat pendakian menjadi lebih mudah dibandingkan versi sebelumnya. Serta diperkuat dengan final gear ratio yang lebih besar, cocok untuk membawa truk ini ke medan tanjakan dengan muatan yang berat. (*/yogi)


Spesifikasi Mitsubishi Fuso 2022
Mesin Mitsubishi Fuso Canter 2022
Seri Mesin:
4V21-4AT1 Common Rail
4V212AT4 Common Rail

Jumlah Silinder:
4-silinder
4-silinder

Jumlah Katup:
16 katup
16 katup

Tenaga Maksimum:
150 PS @ 2.500 rpm
108 PS @ 2.500 rpm

Torsi Maksimum:
420 Nm @ 1.500 rpm
300 Nm @ 1.000 – 2.500 rpm

Kapasitas Silinder: 3.907 cc

Diameter x Langkah:
104 mm x 115 mm

Tipe Transmisi:
5-percepatan manual

Rangka Mitsubishi Fuso Canter 2022:
Panjang x Lebar x Tinggi
P: 6.425 x 1.750 x 2.080 mm
L: 7.145 x 2.035 x 2.210 mm
T: 7.420 x 1.970 x 2.130 mm
Wheelbase: 3.350 mm, 3.850 mm, dan 4.200 mm
Ground Clearance: 195 mm, 200 mm, dan 210 mm
Radius Putar: 6,1 meter
Jumlah Pintu: 2
Kapasitas Penumpang + Pengemudi: 3 Orang
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: