Tangerang - Mitsubishi Motors merilis
SUV baru untuk di ajang Gaikindo lndonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. SUV compact itu bernama XForce. CEO dari Mitsubishi Motor Corp (MMC) Takao Kato, menjelaskan, Indonesia menjadi negara pertama tempat peluncuran XForce secara global.

Model ini akan diproduksi di Mitsubishi
Motors Krama Yudha Indonesia (Bekasi, Jawa Barat), dan dijadwalkan untuk dipasarkan di negara-negara ASEAN lainnya, Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan juga Afrika.
"Kami telah mencurahkan segenap jiwa dan raga untuk memberikan Anda teman yang paling cocok untuk petualangan apa pun yang ingin Anda lakukan maka kami persembahkan All New XFORCE" ujar Takao Kato saat peluncuran di GllAS, ICE BSD Tangerang, Kamis (10/8/2023).

XFORCE mengusung desain eksterior dengan konsep silky dan solid; identitas desain New Generation Dynamic Shield; Futuristic T-Shape Headlight; Stylish Rear Combination Lights; dipadukan dengan ban 18 inci menghasilkan profil kuat dari sebuah autentik SUV.

Seudia Lah ching, Mitsubishi Motors langsung menggelar press conference dengan para jurnalis, kesempatan tersebut hadir para petinggi perusahaan otomotif berlogo 3 berlian tersebut diantaranya, Atsushi Kurita President Director PT MMKSI, Takao Kato Representative Executive Office President and CEO, Hiroshi Nagaoka Executive Vice President MMC, Tatsuo Nakamura Executive Vice President MMC, Alessandro Dambrosio Executive Design, dan Masahiro Ito Chief Product Specialist.

Dalam sesi presscon ini terkuak beberapa fakta dari para petinggi MMC yaitu diantaranya rencana investasi Mitsubishi di Indonesia untuk jangka panjang senilai Rp 5,7 triliun. Terkait hal ini, Takao Kato mengatakan bahwa, sejak tiga tahun lalu Mitsubishi sudah berencana untuk meluncuran model baru, dan juga meningkatkan kapasitas pabrik, investasi ini termasuk peluncuran model-model baru, dan peningkatan kapasitas pabrik di Bekasi. 

"Saat ini kami memiliki rencana ekspor Pajero Sport, ekspor ke Australia kami akan mulai ekspor pada akhir tahun ini,  kami belum memutuskan mengenai volume ekspor ke Australia. Ini tidak hanya Pajero Sport ke Australia eskpor dari Thailand dan beberapa juga dari Indonesia," ujarnya. 

Takao Kato juga menambahkan , saat ini destinasi ekspor seperti Vietnam dan Filipina, Amerika Latin, Afrika dan Timur Tengah sudah ada 40 negara yang diekspor dari Indonesia. "Tapi tentu jika marketnya ada untuk ekspor, kami tentu akan menambah destinasi ekspor. Hanya saja saat ini masih 40 negara. Jadi masih sama dengan destinasi ekspor Xpander," jelas Takao.

Diketahui juga dalam presscon ini, rupanya XForce menggunakan platform yang sama.dengan Xpander hal ini diungkapkan oleh Hiroshi Nagaoka.

"Kenapa kita menggunakan platform dan powertrain yang sama dengan Xpander? Karena kami fokus pada pasar penjualan, dan Xpander punya reputasi yang bagus di negara Asia terutama di Indonesia, jadi tidak perlu diragukan untuk memanfaatkan platform Xpander untuk model selanjutnya," ungkapnya.

Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023 dengan harga mulai Rp 379,9 juta.Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023 dengan harga mulai Rp 379,9 juta. 

Untuk pertama kalinya XFORCE menggunakan Dynamic Sound Yamaha Premium, sebuah sistem audio yang dikembangkan atas kolaborasi semangat dan teknologi Mitsubishi
Motors dengan Yamaha.

Dilengkapi dengan 8 speaker terintegrasi dan 4 Preset Equalizer (Signature, Lively, Powerful, Relaxing) yang dapat disesuaikan dengan mood pengendara, serta fitur Speed Compensated Volume (SCV)
XFORCE dilengkapi empat mode berkendara: Normal, Wet, Gravel, Mud. Wet Mode pertama kali disematkan pada model Mitsubishi Motors.

Soal dapur pacu XFORCE menggunakan
mesin dengan kode 4A91 berkapasitas 1.499cc yang bisa memuntahkan tenaga 77 kW di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm. Tenaga itu disalurkan melalu transmisi CVT.

Terakhir Alessandro Dambrosio mengatakan bahwa Dynamic Shield adalah filosofi MMC, memang sudah dikenalkan beberapa tahun lalu, namun desain Dyanmic SHield terus berkembang. Jadi punya arahan dan karakteristik yang baru. Generasi pertama memberikan proteksi dan performa dengan cara yang sangat baik. Sekarang selain proteksi dan performa dynamic shield berupaya juga menjadi sebuah karya seni. Dynamic shield adalah part DNA Mitsubishi. 

"Mengenai pertanyaan kedua, soal tim, saya punya beberapa orang dari Indonesia.  Saya senang dengan itu, saya rasa jawaban ini jadi koneksi ke pertanyaan ketiga, saya melihat desain itu berubah cepat dan saya melihat, apalagi kawasan asia sangat berkembang cepat, saya pikir negara seperrti Idonesia dan Malaysia sangat penting buat kami sehingga bisa mendapat desain yang baru dan lebih segar," tutup Alessandro. (yogi)

OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: