Serang - PT. Mitra Sendang Kemakmuran (MSK) selaku Main dealer sepeda Motor Honda di wilayah Banten kembali mengajak rekan jurnalis untuk memperdalam pengetahuan seputar sepeda motor Honda, terutama dari fitur PGM-FI atau yang akrab disebut injeksi.dalam acara Economic Outlook di ASTON Serang Hotel & Convention, Jumat (27/11/2023).

Dalam kesempatan ini Honda Banten diwakili Technical Service Intructor Opan Sopandi menjelaskan berbagai 'jeroan' teknologi injeksi yang ada di kote Honda sejak pertama kali dikenalkan pada 2005 lalu lewat Honda Supra X 125 PGM-FI.
"Teknologi PGM FI di sepeda motor Honda pertama kali dibenamkan dan  dikenalkan pada Supra X 125 PGM-FI yang pada saat itu menjadi pelopor motor bebek/cub injeksi pertama di Indonesia yang disuntikan teknologi injeksi. Secara keseluruhan, di tahun 2013 semua sepeda motor Honda baik Cub, Matik hingga Sport sudah beteknologi FI (injeksi-red)," jelas Opan.

Nah, lanjut Opan, di motor Injeksi inilah terdapat berbagai sensor yang ditanamkan yang bertujuan mempermudah dan mempercepat pembakaran antara bahan bakar dan udara yang dihasilkan diruang bakar.

"Ada banyak komponen dan sensor  yang melekat di motor Injeksi, tepatnya ada 9 sensor penting yang membuat motor Honda salah satunya O2 Sensor (sensor oksigen) yang menentukan banyaknya komposisi oksigen yang dihasilkan di ruang pembakaran," beber Opan.

Selain itu ada juga 8 sensor lainnya yaitu Manifold Absolute Pressure, Engine oil, Throtle position, Intake air temperature, injector, idle air control Valve (IACV), Crankshaft Position Sensor (CKP) dan Bank Angle Sensor (BAS) yang mematikan kerja mesin secara keseluruhan jika motor mengalami kemiringan lebih dari 60 derajat. 

Tak hanya mendapat penjelasan, para jurnalis juga dapat berdiskusi dengan beberapa pertanyaan seperti kenapa motor Honda harus menunggu panas dulu sebelum dipakai, kapan waktu yang baik untuk ganti oli dan berapa usia komponen injeksi Honda.

"Beberapa pertanyaan yang diajukan teman-teman jurnalis sangat kritis salah satunya waktu ganti oli kapan dan usia komponen injeksi. Ini tandanya rekan jurnalis sudah sedikit paham cara merawat sepeda motor Honda mereka," imbuh Opan.

Tak lupa diakhir sesi, Honda Banten membagikan doorprize bagi p2 jurnalis yang berhasil menjawab pertanyaan sekitar teknologi Honda. (yogi)

OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: