Jakarta — Indonesia Energy & Engineering (IEE) Series 2024 - Energy Week sukses diselenggarakan di JIExpo Kemayoran selama tanggal 28 - 31 Agustus 2024 dengan tema “Advancing Industrial Sustainability: Smart Urban Development & Sustainable City”. 

Bertujuan untuk mendorong kemajuan industri energi dan pengolahan air yang lebih berkelanjutan, IEE Series 2024 - Energy Week telah menampilkan berbagai teknologi di bidang kelistrikan, energi surya, dan energi terbarukan yang terangkum dalam pameran Electric & Power Indonesia yang ke-22, serta teknologi terbaru konservasi air, manajemen siklus air, tenaga air, dan pengolahan air limbah yang terangkum dalam pameran Water Indonesia yang ke-3.
Dihadiri oleh 12,408 trade attendees, gelaran Energy Week melibatkan 650 perusahaan peserta pameran, yang terdiri dari 368 perusahaan nasional, dan 282 perusahaan internasional dari total 30 negara. Pameran ini sukses menyelenggarakan 4 panggung hybrid, dengan 12 sesi seminar yang menghadirkan 105 ahli di bidang energi, dan juga 2 seminar yang didukung oleh kementerian serta keterlibatan dari 9 asosiasi. Selama pameran, hadir pula perwakilan dari berbagai kementerian dan asosiasi seperti Kementerian ESDM, Kementerian PUPR, PJCI (Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia), MKI (Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia), NBRI (National Battery Research Institute), APPI (Asosiasi Produsen Peralatan Listrik Indonesia), APUEA (Asia Pacific Urban Energy Association), PERPAMSI (Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia), dan banyak asosiasi industri yang berpartisipasi aktif, menunjukkan pentingnya IEE Series 2024 - Energy Week sebagai platform pendorong terciptanya industri energi dan pengolahan air yang berkelanjutan.

Lia Indriasari, Country Manager Pamerindo Indonesia, mengucap syukur dan kebanggaannya atas suksesnya pelaksanaan pameran yang dapat mendukung keberlanjutan sektor energi ini. Menurutnya, gelaran IEE Series 2024 - Energy Week ini berhasil memberikan dampak positif dalam mendorong keberlanjutan industri di Indonesia, khususnya pada sektor energi. 

“Pada tahun ini, IEE Series terbagi menjadi dua pekan. Di pekan pertama Energy Week ini, kita bisa menyaksikan terciptanya banyak kerjasama dan kesepakatan industri sektor energi. Kami juga berusaha terus mendorong segala aspek keberlanjutan, dan kami bangga bahwa banyak peserta pameran dan juga pemangku kepentingan lain yang telah bersemangat dalam mendukung proyek keberlanjutan ini. Ini bukti bahwa semua pihak telah bersepakat mengimplementasikan keberlanjutan industri bersama-sama menuju masa depan,” paparnya.

Berbagai pelaku industri di sektor energi dan pengolahan air nasional maupun internasional juga telah menampilkan inovasi-inovasi terbaru mereka demi turut mendorong terciptanya keberlanjutan industri di berbagai aspek. Perwakilan internasional dari perusahaan Tiger Water Solutions turut mengapresiasi suksesnya gelaran Water Indonesia 2024 ini. Tiger Water Solutions telah menjalankan bisnisnya selama 30 tahun di industri air, terutama dengan pengalaman mendukung bidang pertambangan, pedesaan, pertanian, industri, dan industri proteksi kebakaran, melalui penyediaan produk dan proyek pasokan air berkualitas di seluruh wilayah Asia Tenggara. 

“Selama gelaran ini, kami bertemu dengan banyak pelanggan lama yang kembali lagi ke pameran ini untuk mengunjungi stand kami. Dan kami juga mendapat banyak pertukaran informasi dan dukungan dari berbagai pelaku industri ini di Indonesia,” tegas perwakilan Tiger Water Solutions.

Beberapa perwakilan pelaku industri pun menyatakan apresiasi yang senada atas partisipasinya pada kedua pameran ini. Peserta Electric & Power Indonesia, yaitu LS Electric Indonesia, perusahaan yang memproduksi dan memasok perangkat dan peralatan listrik seperti transmisi tenaga listrik hingga distribusi di jaringan listrik dan industri, menyatakan “Selama 4 hari ini, banyak potential customers yang telah mengunjungi kami dan mereka sangat bersemangat untuk mengetahui produk-produk kami. Ini peluang besar bagi kami untuk semakin mengenalkan produk-produk kami secara berkelanjutan di Indonesia.”

Dilaksanakan bersama dengan rangkaian Indonesia Water Forum 2024, perwakilan instansi manajemen air minum dari banyak daerah di Indonesia pun turut berinteraksi dengan berbagai peserta pameran demi memajukan industri air minum dan pengolahan air di Indonesia. “Pameran Water Indonesia tahun ini banyak membantu kami untuk bertemu dengan banyak klien. Terima kasih kepada Pamerindo Indonesia, sehingga kami bisa menjalankan bisnis kami menuju ke arah yang lebih baik,” ucap perwakilan HCP Pump sebagai salah satu peserta pameran Water Indonesia..

Mendorong Keberlanjutan Industri melalui Keterlibatan Generasi Muda
Melalui rangkaian Energy Week ini, Pamerindo Indonesia juga membuktikan komitmennya untuk mendukung generasi penerus industri energi dengan menunjukkan keterlibatan para akademisi dan mahasiswa selama 4 hari gelaran. Kedua pameran Electric & Power Indonesia dan Water Indonesia dihadiri secara langsung oleh perwakilan akademisi, dosen, peneliti dari berbagai universitas, serta melibatkan juga banyak mahasiswa dalam berbagai aktivitas. Selain berinteraksi langsung dengan para peserta pameran untuk menjadi ajang pembelajaran fokus studi teknik, mereka juga turut berpartisipasi program keberlanjutan yang digiatkan oleh Pamerindo Indonesia dan juga mempelajari perkembangan keberlanjutan industri.

Pada sesi Indonesia Sustainability Updates dengan tajuk “Empowering Indonesia’s Renewable Energy Future: Developing a Skilled and Sustainable Workforce”, Kepala Departemen Interdisiplin Keteknikan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Chairul Hudaya, mengungkapkan bahwa saat ini ada banyak jabatan-jabatan baru yang terkait green-job (pekerjaan terkait proyek ramah lingkungan), seperti waste management specialist atau sustainable manager. 

“Saat ini kampus diharapkan mampu membentuk mahasiswa lulusan yang tidak memiliki gap dengan industri yang membutuhkannya, terutama kaitannya melalui program interdisiplin energi dan juga pemberian pengalaman secara langsung dengan berpartisipasi, belajar, dan menyaksikan pameran seperti IEE Series ini. Pameran dengan tajuk keberlanjutan seperti ini bisa memberikan banyak pembelajaran bagi generasi muda young engineers, misal dengan sistem pengolahan limbah menjadi berkah, karena saat ini limbah juga sudah bisa menjadi sebuah komoditas,” ucapnya. 

Menurutnya, pameran ini telah menciptakan berbagai peluang seperti pembelajaran inovasi teknologi, koordinasi interdisipliner, terciptanya kerjasama antara pelaku industri - pemerintah - swasta, serta membangun kolaborasi internasional.
Para calon young engineer dari berbagai universitas pun telah berpartisipasi aktif pada kegiatan keberlanjutan selama pameran IEE Series 2024 - Energy Week. Keterlibatan banyak mahasiswa juga terlihat melalui antusiasme mereka pada program Student Visit di bawah tajuk Connecting the Disconnected, yang bertujuan untuk menghubungkan akademisi, peneliti, dan pelajar dengan industri dan asosiasi terkait secara langsung. 

Selama 4 hari pelaksanaan Energy Week, beberapa perwakilan institusi pendidikan yang hadir yaitu:
1. Universitas Indonesia : Program Studi Teknik Metalurgi dan Material; Teknik Lingkungan
2. Universitas Gunadarma : Program Studi Teknik Elektro
3. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA : Program Studi Teknik Elektro
Universitas Trisakti : Program Studi Teknik Elektro
4. UPN Veteran Jakarta : Program Studi Teknik Elektro
5. Universitas 17 Agustus 1945 : Program Studi Teknik Elektro
6. Institut Teknologi Bandung : Fakultas Teknik
7. Universitas Ibn Khaldun Bogor : Program Studi Teknik Elektro
8. Institut Teknologi PLN : Program Studi Teknik Lingkungan
9. Politeknik Energi & Mineral Akamigas : Program Studi Teknik Pengolahan Migas

Beberapa juga terlibat aktif pada kegiatan keberlanjutan yang diprakarsai oleh Rappo, selaku mitra program keberlanjutan IEE Series 2024, dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi tas yang memiliki nilai baru. “Inisiatif ini lebih dari sekedar daur ulang, tetapi juga tentang pemberdayaan perempuan dengan menciptakan peluang kontribusi nyata pada perekonomian dan mengembangkan keterampilan baru dalam praktik berkelanjutan. Kolaborasi kami dengan Rappo ini, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan bagi semua aspek masyarakat dan mendorong gaya hidup yang bertanggung jawab,” tegas Lia Indriasari selaku Country Manager Pamerindo Indonesia. 

Manajemen listrik juga merupakan salah satu gaya hidup sehari-hari yang menjadi perhatian di sektor energi dan engineering ini. Menurut peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada sesi “Efficiency on Electricity Consumption: Electrifying Lifestyle”, Tri Sambodo, gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab kategori residensi atau rumah tangga menjadi pengguna listrik terbesar. “Kita perlu mendorong masyarakat, sebagai pengguna listrik terbesar, untuk mengubah gaya hidup, menggunakan peralatan elektronik yang hemat listrik, untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas listrik,” ungkapnya. Di sini peran peserta dan pengunjung IEE Series dari berbagai sektor dan berbagai generasi menjadi penting untuk memberikan edukasi dan inovasi pemanfaatan energi dan pengolahan limbah yang lebih efisien.

Pentingnya edukasi untuk mendorong inovasi di generasi muda juga menjadi komitmen yang dibawa IEE Series 2024 - Energy Week dengan memberikan apresiasi pada berbagai perusahaan start-up atas peran mereka dalam memajukan industri keberlanjutan dan memberikan inovasi teknologi pengolahan energi. Pada sesi “Innovator Network (Share PIE) 2024: Building Indonesia’s Startup for Glocal Mission in Energy Session”, Ir. A. Susetyo Edi Prabowo, selaku Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE), menyatakan urgensi keterlibatan generasi muda dan akademisi pada program keberlanjutan industri di sektor energi. 

“Inovasi dan keberanian selalu menjadi kunci sukses dalam menghadapi tantangan global seperti transisi energi dan juga kebutuhan energi yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Dalam 5 tahun kedepan, akan ada 97 juta pekerjaan baru di berbagai industri, yang 50% menuntut adanya re-skilling, dan 40% menuntut perlunya ganti skill. Oleh karena itu, kami menyadari vitalnya inovasi, pendidikan, transfer pengetahuan, kerjasama dengan industri seperti join-research, serta program bridging atau pengenalan teknologi dan proses kerja industri kepada generasi muda,” papar beliau. 

Pada sesi ini, Ir. A. Susetyo Adi (Kepala PPSDM KEBTKE), bersama dengan Ir. Eddie Widiono (Pendiri & Ketua Pembina Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia), serta Lia Indriasari (Country Manager Pamerindo Indonesia) memberikan penghargaan kepada lima generasi muda selaku pemenang Share PIE 2024, yaitu:
- Zuhdan Alaik - Founder & CEO GoodFarm Indonesia 
- Ghozi Abid Prayoga - Founder Geothermal Cuan Maksimal (Geothermine)
- Slamet Riyadi - CEO WE-LAB
Yudhis Thiro Kabul Yunior - Founder Gainz Technology Nusantara 
- Sandi Pamungkas - Founder PT. MooApps Agriculture Technology

Secara resmi menutup Energy Week, rangkaian IEE Series 2024 akan dilanjutkan dengan penyelenggaraan Engineering Week di tanggal 11-14 September 2024, masih di JIExpo Kemayoran. IEE Series 2024 - Engineering Week akan dihadirkan di lahan seluas lebih dari 85,000 sqm, terdiri dari 34,000+ sqm area indoor dan 51,000+ sqm area outdoor, serta akan melibatkan lebih dari 2,000 peserta. 

Pameran ini akan menyatukan berbagai sektor industri, yaitu Mining Indonesia, Oil & Gas Indonesia, Construction Indonesia - Concrete Show Southeast Asia, serta special co-located shows GIFA - METEC Indonesia dan ADEXCO 2024. Kunjungi laman https://bit.ly/IEE-Series-2024 untuk mendapatkan akses dan informasi terkini tentang seminar, pameran, dan acara pendukung lainnya, dan saksikan berbagai sesi diskusi secara online melalui https://vexpo.iee-series.com/ ataupun unduh aplikasi IEE VExpo melalui PlayStore. (*/yogi)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: