Jakarta, -Tahun 2024 akan segera berakhir. Perusahaan Otobus Siliwangi Antar Nusa (PO. SAN) menutup tahun 2024 ini dengan sejumlah prestasi dan penghargaan. Hingga November 2024, PO. SAN sudah mengantar hampir 300.000 penumpang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera dan sebaliknya. Angka ini naik 10 persen dibandingkan tahun 2023. 

“Kami optimis, tahun 2025 jumlah penumpang akan terus meningkat. Bus masih jadi pilihan masyarakat di tengah mahalnya tarif moda transportasi lainnya,” kata *Direktur Utama PO. SAN Kurnia Lesani Adnan*, dalam keterangannya.
Rasa optimis itu juga tumbuh karena melihat banyak daerah baru dibuka dan berkembang. Selain itu fasilitas terminal dan juga infrastruktur jalan semakin dibenahi. “Hal ini membuka peluang bagi kami untuk menambah layanan kami,” ujar Sani. 

Selain peningkatan jumlah penumpang, PO. SAN juga telah menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan berupa Wahana Adhigana Kategori AKAP Perusahaan Sedang Tahun 2024. Penghargaan ini berikan atas kerja keras PO. SAN memberikan layanan terbaik di bidang angkutan penumpang. “Penghargaan ini merupakan yang keempat kalinya diraih PO. SAN, yang artinya PO. SAN bisa menjaga kualitas layanannya,” kata Sani.

Sebelumnya PO. SAN juga telah menerima penghargaan yang sama pada tahun 2023, 2020 dan 2017. Tahun 2021 dan Tahun 2022 tidak ada ajang penghargaan diselenggarakan oleh Ditjen Perhubungan Darat karena pandemi Covid-19.  

PO. SAN mendapatkan penghargaan Wahana Adhigana ini karena dinilai telah menjadi operator angkutan orang yang selalu bersemangat untuk menciptakan penyelenggaraan pelayanan angkutan yang selamat, aman, tertib, sehat, bersih dan humanis.

Harga Tiket Normal
*Wakil Direktur PO. SAN Kurnia Lesari Adnan (Sari)* mengatakan sebagai rasa syukur atas pencapaian 2024 ini, sekaligus membuka lembar Tahun 2025, PO. SAN akan membagi-bagi snack dan kalender kepada penumpang pada 31 Desember 2024. Pembagian snack ini juga sekaligus mengawali rangkaian acara ulang tahun PO. SAN yang ke-35, pada 30 Januari 2025. “Menjelang ulang tahun PO. SAN, akan banyak sekali promo dan kejutan buat penumpang,” kata Sari.

Sari pun menjelaskan untuk mendorong animo masyarakat menggunakan angkutan bus pada libur Natal dan Tahun Baru, PO. SAN tidak akan menaikkan harga tiket. Semua tiket untuk semua jurusan akan dijual dengan harga normal. 

Bahkan, menjelang ulang tahun, akan ada promo-promo menarik bagi penumpang. Promo dan kejutan bagi penumpang ini, selain untuk meningkatkan kualitas layanan, juga menjaga loyalitas pelanggan kepada PO. SAN dengan memberikan pengalaman terbaik.

PO. SAN menyakini, penumpang telah menjadi salah satu faktor penting bagi kesuksesan perusahaan. Penumpang yang puas dengan layanan PO. SAN tentu akan menggunakan jasa layanan PO. SAN lagi. Bahkan penumpang juga akan ikut mempromosikan PO. SAN kepada orang-orang di sekitarnya.

Kendala Solar
Terkait kendala, Sani menjelaskan ada banyak kendala tentunya sepanjang tahun 2024, misalnya subsidi BBM solar yang terbatas dan ketersediaan solar di lapangan. “Namun dengan kerja keras kami dalam mengatasinya, persoalan itu untuk sementara masih bisa kami tanggulangi. Ke depan, kami tetap berharap agar pemerintah menaikan pembatasan kuota solar yang hanya 200 liter per hari, karena kuota tersebut tidak mencukupi kebutuhan operasional kami sehari-hari untuk perjalanan yang memiliki trayek panjang,” jelas Sani.

Seperti diketahui, PO. SAN melayani rute Sumatera Jawa dengan banyak pilihan kota asal dan tujuan. Salah satu yang paling populer adalah Bengkulu-Jakarta PP dan Bengkulu-Bandung PP. Selain melayani kota utama, PO. SAN ini melayani perjalanan ke beberapa kota di Sumatera dan Jawa, seperti Pasir Pangaraian ke Blitar PP, Solo ke Pekanbaru PP, Solo ke Dumai PP, Bengkulu ke Solo PP dan Bengkulu ke Ponorogo PP.


*Tentang PO. SAN*

SAN Group adalah kelompok usaha yang didirikan oleh Bp. H. HASANUDDIN ADNAN yang dirintis sejak tahun 1978. Usaha ini dimulai dari usaha angkutan barang (Ekspedisi) dengan 2 (dua) unit light truck sampai memiliki 14 unit truck besar. Pada saat yang sama, Bp. H. HASANUDDIN ADNAN masih bekerja sebagai PNS dikantor PEMDA Propinsi Bengkulu dan menjabat sebagai kepala bagian kendaraan di Biro Umum Propinsi Bengkulu (sampai dengan tahun 1984).

Sampai saat ini divisi transportasi SAN Group yang lebih dikenal dengan nama PO. SAN (PO. SILIWANGI ANTAR NUSA), telah memiliki lebih dari 90 unit bus dengan berbagai rute Sumatera dan Jawa dengan layanan bus premium. PO. SAN terus memperkuat pasar pelayanannya antara lain dengan memiliki trayek yakni: Bengkulu - Jakarta pp, Bengkulu - Bandung pp, Bengkulu - Bukit Tinggi pp, Bengkulu - Padang pp, Bengkulu - Pekanbaru pp, Bengkulu - Solo pp, Pasir Pangairan – Blitar pp. 

Pada 2019, PO. SAN telah menerbitkan sistem ticketing online resmi yang diberi nama Buzzit, dan telah diperbaharui pada tahun 2023 menjadi Buzzit 2.0. Buzzit versi terbaru ini sangat mudah digunakan oleh siapa saja, termasuk calon penumpang yang awam terhadap digitalisasi. Versi Buzzit terbaru ini memberi kenyamanan bagi para penumpang dan calon penumpang melakukan pemesanan tiket bus PO. SAN darimana saja dan kapan pun melalui jalur yang terpercaya. Pembaharuan ini menjadi bukti PO. SAN terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpangnya di segala bidang.

Buzzit dapat diakses melalui playstore di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.buzzitb2c.posantech 
Buzzit juga dapat diakses melalui website https://buzzit.co.id/ dan www.po-san.co.id 

Waspada Penipuan Tiket Bus
Saat ini, marak terjadi penipuan berkedok penjualan tiket bus yang mengatasnamakan PO. SAN. Penipu biasanya menawarkan tiket dengan harga miring melalui media sosial atau platform online yang tidak resmi. Untuk menghindari kerugian, pastikan Anda membeli tiket hanya melalui saluran resmi seperti website, aplikasi, atau perwakilan PO. SAN. Jangan mudah tergiur dengan harga yang terlalu murah, dan selalu periksa keaslian informasi yang diterima. Jika menemukan indikasi penipuan, segera laporkan kepada pihak PO. SAN atau otoritas terkait untuk tindakan lebih lanjut. Waspada adalah kunci untuk melindungi diri dari modus kejahatan ini. Untuk detail lebih lanjut dapat diakses melalui halaman berikut: https://po-san.co.id/waspada-penipuan-tiket-bus. (*/Yogi)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: